Rabu, 02 November 2011

Bab 13 Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis


1.    Benturan dengan kepentingan masyarakat

Setiap perusahaan mempunyai bermacam-macam benturan yang mereka alami baik itu tingkatan kecil, sedang, hingga ke tingkat yang tinggi. Setiap kali suatu perusahaan berproduksi selalu menghasilkan produk yang diinginkan sesuai dengan keinginan pasar namun di balik itu semua suatu perusahaan juga memproduksi limbah pencemaran dan polusi yang merugikan masyarakat sekitar seperti polusi udara , air ,limbah , suara bahkan mental kejiwaan masyarakat dapat terganggu.

Klasifikasi Aspek Pendorong Tanggung Jawab Sosial

·         Dorongan dari pihak luar ( lingkungan masyarakat )
·         Dorongan dari dalam bisnis itu sendiri ( sisi humanisme pebisnis yang melibatkan rasa , karsa , dan karya yang ikut mendorong diciptakannya etika bisnis yang baik dan jujur.)


2.  Dorongan Tanggung Jawab Sosial

Manfaat penerapan manajemen orientasi kemanusiaan

  • Peningkatan moral kerja karyawan yang berakibat membaiknya semangat dan produktivitas kerja
  • Adanya partisipasi bawahan dan timbulnya rasa ikut memiliki sehingga tercipta kondisi manajemen partisipasif.
  • Penurunan absen karyawan yang disebabkan kenyaman kerja sebagai hasil hubungan kerja yang menyenangkan dan baik.
  • Peningkatan mutu produksi yang diadakan oleh terbentuknya rasa percaya diri karyawan.
  • Kepercayaan konsumen yang meningkatkan dan merupakan dasar bagi perkembangan selanjutnya dari perusahaan


3.  Etika Bisnis

Merupakan penerapan secara langsung tanggung jawab social suatu bisnis yang timbul dari dalam perusahaan itu sendiri. Etika pergaulan dalam melaksanakan bisnis disebut etika pergaulan bisnis.

Hubungan antara bisnis dengan konsumen

Merupakan pergaulan antara konsumen dengan produsen dan paling banyak ditemui. Berikut bebrapa contohnya :
  1. Kemasan yang berbeda-beda menyulitkan konsumen untuk membandingkan harga terhadap produk.
  2. Kemasan membuat konsumen tidak dapat mengetahui isi didalamnya sehingga diperlukan penjelasan tentang isi serta kandungan yang terdapat dalam produk tersebut.
  3. Promosi, terutama iklan merupakan gangguan etis yang paling utama
  4. Pemberian servis dan garansi sebagai bagian dari layanan purna jual.

Hubungan dengan karyawan

Bentuk hubungan dimana semua bentuk hubungan tersebut harus dijalankan secara objektif dan jujur  meliputi,

-           Penerimaan ( recruitment )
-          Latihan ( training )
-          Promosi
-          Transfer
-          Demosi maupun pemberhentian ( termination )

Hubungan antara bisnis

Merupakan hubungan yang terjadi diantara perusahaan , baik perusahaan kolega, pesaing, penyalur, grosir maupun distributornya.

Hubungan dengan investor

Pemberian informasi yang benar terhadap investor maupun calon investor merupakan bentuk hubungan ini, sehingga dapat menghindari pengambilan keputusan yang keliru.

Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan

Hubungan dengan lembaga keuangan, terutama jawatan pajak pada umumnya merupakan hubungan yang bersifat financial, berkaitan dengan penyusunan Laporan keuangan.
Pelaksanaan tanggung jawab social merupakan penerapan dan pelaksanaan kepedulian bisnis terhadap lingkungan serta mengikuti etika bisnis. Penerapan stika bisnis adalah maksud dari konsep stakcholder yang berlawanan dengan konsep stockholder.


2.  Bentuk-bentuk Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis

Pelaksanaan hubungan industrial pancasila (HIP)

sistem hubungan yang terbentuk antara para pelaku dalam proses produksi barang dan jasa yang terdiri dari unsur pengusaha,pekerja/buruh, dan pemerintah yang didasarkan pada nilai nilai Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Dampak lingkungan (AMDAL)

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup  yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar