Jumat, 26 Oktober 2012

Koperasi "Wawancara"


WAWANCARA KOPERASI
Hasil wawancara dengan Koperasi “Toko Buku YUSTISIA” yang terletak di  Gedung Fakultas Hukum UI Kel. Pondok Cina Kec. Beji


Toko Buku YUSTISIA merupakan koperasi simpan pinjam yang didalamnya terdapat pula usaha kecil-kecilan (seperti sembako dan buku-buku) yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dan para anggota dengan cara tidak mengambil keuntungan yang besar / banyak.

Terbentuknya koperasi ini sudah lama sejak Tahun 1986. Awal letak berdirinya di Rawamangun yang hanya berbentuk koperasi sembako. Namun, sekarang menetap di Depok. Koperasi ini juga sudah bekerjasama dengan pihak Bank yaitu dengan Bank Jabar Syariah dan Bank Bukopin dan sudah berbentuk badan hukum.

Dahulu koperasi ini memiliki iuran wajib setiap anggota sebesar Rp 1000,- yang di ambil dari potongan gaji, sekarang sudah mencapai Rp 20.000,- perbulan. Sedangkan iuran pokok pertama masuk, dahulu sebesar Rp 5000,- dan sekarang sudah menjadi Rp 100.000,-

Koperasi ini memiliki anggota sebanyak 180 yang terdiri dari staf pengajar dan karyawan saja yang di ketuai oleh Ibu Melda Kamil, wakil Bapak Wardi S.H, sekretaris Ibu Sugiarti dan bendahara Ibu Endah Hartati bersama dengan Bapak Parjan.

Tujuan dari koperasi ini untuk memberikan kesejahteraan anggota dan memudahkan dalam peminjaman. Selain memili tujuan, koperasi ini memiliki visi dan misi yaitu ingin meningkatkan kesejahteraan, menjadi koperasi yang besar dan jangkauan lebih luas.

Koperasi ini dapat meminjamkan uang maksimal Rp 10juta dalam jangka waktu pengembalian 10 bulan dengan bunga sebesar 15%. Bagi anggota pembayaran dilakukan dengan cara memotong gaji, jika gaji anggota tidak mencukupi untuk pembayaran utang pinjaman, sebagai tagihannya maka akan dimasukkan ke dalam utang koperasi. Jika anggota sudah pensiun dan menginginkan untuk mengambil simpanan pokok dan wajib diperbolehkan untuk di ambilnya atau bias diteruskan simpanan tersebut.

Pendapatan usaha koperasi ini kira-kira dalam setahun mencapai Rp 30juta. Setiap akhir tahun ada laporan tahunan pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha) yang terjadi pada saat Idul Fitri dengan pembagian bingkisan lebaran kepada para anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar