Rabu, 21 November 2012

Bab11 Peranan Koperasi


Peranan Koperasi di berbagai Keadaan Persaingan

1.     Di Pasar Persaingan Sempurna (perfect competitive market)

Ciri-ciri :
·         Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
·         Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
·         Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar.
·         Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.

2.     Di Pasar Monopolistik

Ciri-ciri :
·         Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
·         Produk yang dihasilkan tidak homogen.
·         Ada produk substitusinya.
·         Keluar atau masuk ke industri relatif mudah.
·         Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya.

3.     Di Pasar Monopsoni

Ciri-ciri :
·         Disini ada banyak penjual tetapi hanya ada satu pembeli.

4.     Di Pasar Oligopoli

Ciri-ciri :
·         Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar.
·         Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoly yaitu strategi harga dan strategi nonharga.


Sumber
·         http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7226/EKOP-+Bab+11.+PERANAN+KOPERASI.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar